Mau Refund Tiket Maskapai Lion Air Group? Ikuti Langkah Berikut Ini

Refund Tiket Maskapai
Ilustrasi. Refund Tiket Penerbangan. Foto: iStock

TURISIAN.com – Tak semua mengetahui, bagaimana cara melakukan refund tiket maskapai. Maklum, kita kadang tak pernah berpikir akan terjadi, suatu penundaan.

Seperti halnya kita tidak bisa memprediksi, bakal seperti apa kejadian pada masa depan. Bisa saja, ketika sudah merencanakan liburan atau bepergian jauh, tiba-tiba batal.

Bisa penyebabnya kendala alam atau karena sakit dan kecelakaan. Jika seperti ini yang terjadi, tentu mau tidak mau membuat kita harus membatalkan seluruh rencana.

Termasuk transportasi yang sudah dipesan sebelumnya. Namun, rasanya sayang jika tiket pesawat hangus begitu saja karena tidak terpakai.

BACA JUGA: Maskapai Citilink Buka Kembali Rute Bandara Halim-Purbalingga

Jika sudah begitu, solusinya adalah membatalkan tiket pesawat dan mengajukan refund (pengembalian dana) ke maskapai.

Nah, berikut informasi lengkap, bagaimana kita harus melalui tahapan supaya bisa mengajukan refund tiket maskapai..

Cara refund karena pembatalan tiket

Perlu diketahui, refund tidak bisa dilakukan dari bandara tempat keberangkatan. Semua proses hanya bisa dilakukan melalui call center maupun kantor perwakilan maskapai masing-masing.

Adapun jika membeli lewat agen tiket online, kamu bisa meminta bantuan layanan pelanggan (customer service) agen tersebut untuk mengurus refund ke maskapai, sehingga kamu tak perlu lagi mengurusnya sendiri.

Sebagai informasi, kamu tidak bisa mendapatkan 100 persen pengembalian dari harga tiket pesawat, karena akan dipotong beberapa biaya dari maskapai.

BACA JUGA: Ada Lowongan Kerja di Lion Air Group Bagi Lulusan S1, Untuk Posisi Ini

Pengembalian 100 persen uang seharga tiket pesawat bisa terjadi jika pembatalan penerbangan dilakukan oleh maskapai penerbangan.

Namun, jika kamu yang ingin membatalkan sendiri tiket pesawat karena alasan pribadi, kamu harus mengikuti aturan setiap maskapai.

Aturan pembatalan tiket dari penumpang dipengaruhi sejumlah faktor, seperti berapa jam jarak pembatalan dengan waktu keberangkatan dan kelas tiket yang kita miliki, seperti dikutip dari situs pemesanan tiket online pergi dot com.

BACA JUGA: Mencari Tiket Menuju ‘Surga’ Banda Neira, Begini Caranya

Ketentuan refund Lion Air Group karena batalkan tiket

Bagaimana ketentuan dan syarat refund dari Lion Air Group karena membatalkan tiket? Berikut informasi dari admin Instagram @lionairgroup saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/12/2022).

Ketentuan pembatalan perjalanan dan pengembalian dana tiket, diatur di dalam Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No 185 Twhun 2015 dan kemudian diperbaharui dengan PM No 30 Tahun 2021.

Berdasarkan ketetapan tersebut, Lion Air group (Lion Air, Wings Air, dan Batik Air) menerapkan ketentuan refund untuk tiket yang dibatalkan oleh calon penumpang, sebagai berikut:

  • Pembatalan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, penalti berupa refund fee 25 persen dari harga dasar.
  • Pembatalan 72 hingga 4 jam sebelum keberangkatan, penalti berupa refund fee 50 persen dari harga dasar.
  • Pembatalan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, penalti berupa refund fee 90 persen dari harga dasar.

Untuk ketiga skema tersebut, maskapai penerbangan akan mengembalikan Airport Tax, PPN, dan Iuran Wajib Jasa Raharja kepada penumpang.

Syarat pengajuan refund Lion Air Group

Jika penumpang Lion Air Group berencana mengajukan refund, bisa melampirkan dokumen pengajuan pendukung refund berupa:

  1. Identitas (KTP/ Passport) salah satu penumpang yang namanya tertera pada reservasi.
  2. Nomor rekening (nama pada nomor rekening harus sesuai dengan identitas yang dilampirkan).
  3. Surat kuasa (jika diwakilkan) yang diisi oleh pihak pemberi dan penerima kuasa yang berisi:
  •     Nama sesuai dengan identitas
  •     Foto identitas (KTP/ Passport) pemberi dan penerima kuasa
  •     Tanda tangan pemberi kuasa di atas materai
  1. Surat keterangan tidak laik terbang atau dokumen kesehatan yang berhubungan dengan larangan penerbangan (jika diperlukan).

Sebagai catatan, tiket dinyatakan expired (kedaluarsa) apabila masa berlaku pengajuan tiket refund sudah melewati tiga bulan dari tanggal terbang atau Date Of Travel (DOT).

Jika tiket sudah expired, artinya sudah tidak bisa lagi di-refund.

Catatan penting saat refund

Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan proses refund ke maskapai penerbangan Lion Air Group, seperti dikutip dari situs resminya.

  1. Jika ternyata ada rencana yang berubah atau tidak jadi berangkat, segera lakukan pembatalan dengan melakukan permohonan refund melalui situs resmi Lion Air > Kelola Pemesanan > Pengajuan Pengembalian, atau jika pembelian sebelumya dilakukan di agen perjalanan, segera hubungi agen terkait.
  2. Jika sudah pasti tidak berangkat, lakukan pembatalan tiket perjalanan dengan segera. Sebab, hal ini berpengaruh pada:
  • Membantu penumpang menghindari penalti yang besar dikarenakan semakin dekatnya waktu keberangkatan
  • Membantu maskapai dalam melakukan penjualan kembali kursi pesawat yang tidak jadi dipergunakan. Semakin dekat jarak pembatalan, semakin sulit bagi maskapai untuk menjual kembali. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait