Event Job Fair Ini Sediakan 3.914 Lowongan Kerja dari 55 Perusahaan

Event Job Fair
Ilustrasi. (iStock)

TURISIAN.com – Buat kalian yang sedang membutuhkan lowongan pekerjaan, event Job Fair ini boleh menjadi agenda penting untuk diikuti.

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menggelar “job fair” yang menawarkan 3.914 lowongan pekerjaan dari sebanyak 55 perusahaan.

Termasuk di dalamnya lowongan pekerjaan untuk penyandang disabilitas.

“Lowongan pekerjaan tidak hanya ditujukan untuk masyarakat umum saja tetapi juga dibuka untuk penyandang disabilitas,”Sunarto,  Sub Koordinator Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Rabu 16 November 2022.

BACA JUGA: Maskapai Scoot Mulai Membuka Rute Baru Singaputa-Lombok-Makassar

Menurut dia, para penyandang disabilitas dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melamar dan memperoleh pekerjaan yang diharapkan.

Job fair tersebut digelar secara daring sehingga para pencari kerja dapat mengakses bursa kerja tersebut melalui laman jobfair.jogkakota.go.id untuk kemudian mendaftar agar memperoleh akun.

Digelar untuk pertama kalinya

“Jika mengalami kesulitan saat mendaftar, maka pencari kerja bisa datang ke kantor dinas. Nanti akan ada petugas yang membantu membuatkan akun,” katanya yang menyebut ada beberapa pencari kerja yang meminta bantuan membuat akun.

BACA JUGA: Jakarta Sports Week, Event Yang Menghadirkan Banyak Acara, Ini Tempatnya

Sunarto berharap, job fair yang digelar untuk pertama kalinya pada 2022 tersebut dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Yogyakarta. Jumlah lowongan yang disediakan pun lebih banyak dibanding angka pengangguran di Kota Yogyakarta yang saat ini tercatat sebanyak 3.839 orang.

Jumlah angka pengangguran pada 2022 tersebut hampir sama dengan kondisi 2019 dengan 3.104 pengangguran.

Sedangkan angka pengangguran pada 2021 tercatat cukup tinggi yaitu 5.626 orang sebagai dampak pandemi COVID-19.

Banyaknya lowongan kerja yang ditawarkan perusahaan pada tahun ini, lanjut Sunarto juga mengindikasikan semakin pulihnya kondisi perekonomian.

BACA JUGA: Kunjungan Wisatawan Naik 1000 Orang Selama Event Borobudur Marathon

“Harapannya, lowongan pekerjaan yang ditawarkan bisa terserap oleh pencari kerja,” katanya.

Penyelenggaraan job fair yang sepenuhnya digelar secara daring juga diharapkan dapat diakses oleh lebih banyak pencari kerja.

“Saat job fair dibuka pada Selasa (15/11), memang baru 98 pencari kerja yang mengajukan akun tetapi kami yakin jumlahnya akan semakin banyak karena kegiatan ini akan digelar hingga 29 November,” katanya.

Perusahaan yang mengikuti event job fair pada tahun ini memiliki bidang usaha yang sangat beragam. Baik perusahaan nasional atau multinasional.

“Antara lain,  Larissa, Mirota, Cokelat Monggo, BUMN PMN, Alfamidi, RS Happy Land, Indomaret, dan lainnya,”  pungkas  Sunarto. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait