Tingkat Hunian Kamar Hotel di Malang Naik, Tanda-tanda Sektor Pariwisata Membaik?

Kamar Hotel
Ilustrasi. Seorang wanita sedang sarapan pagi di kamar sebuah hotel. Foto: iStock

TURISIAN.com – Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Jawa Timur  mencatat tingkat hunian kamar hotel berbintang meningkat 1,93 poin pada September 2022.

Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini dalam jumpa pers secara virtual di Kota Malang, Selasa, 1 November 2022 mengatakan pada September 2022, TPK hotel berbintang sebesar 56,35 persen. Naik dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 54,42 persen.

“Angka TPK hotel berbintang di Kota Malang, pada periode September 2022 naik 1,93 poin dibanding bulan sebelumnya,” kata Erny.

Menurutnya, dengan TPK hotel berbintang di Kota Malang yang tercatat sebesar 56,35 persen tersebut.

BACA JUGA: Ada Diskon OTW 50 Persen Plus 20 Persen, untuk Penerbangan Hotel dan Kereta

Maka tingkat keterisian kamar per hari berkisar antara 56-57 dari 100 kamar yang tersedia.

Jika dibandingkan dengan TPK hotel berbintang Jawa Timur dan nasional yang masing-masing sebesar 54,67 persen dan 50,02 persen. TPK hotel berbintang di Kota Malang tercatat masih lebih tinggi.

“Kota Malang masih lebih tinggi dibanding rata-rata Jawa Timur dan nasional pada periode tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, untuk rata-rata lama menginap tamu nusantara pada hotel berbintang di Kota Malang, pada periode yang sama itu tercatat sebesar 1,70 poin.

BACA JUGA: Menjajal Keseruan River Tubing Sungai Amprong Desa Wringinanom Malang

Dan untuk tamu mancanegara sebesar 2,30 poin.

Rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang di Kota Malang pada September 2022 tercatat 0,15 poin lebih tinggi dibanding Jawa Timur dan 0,07 poin lebih tinggi dibanding Indonesia.

Dibagian lain, kenaikan tingkat hunian kamar hotel di Malang tak terlepas dari kondisi Industri pariwisata di 2022  menunjukkan tren pemulihan.

Hal itu antara lain ditandai oleh meningkatnya permintaan tiket penerbangan di maskapai penerbangan baik pada rute domestik maupun internasional. ***

Pos terkait