Grasstrack 2022 Diikuti 350 Crosser Dari Berbagai Provinsi, Berlaga di Sirkuit Pakansari

Grasstrack 2022
Para peserta Grasstrack 2022 saat bersiap melakukan start di Sirkuit Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu 30 Oktober 2022. Foto: Turisian.com/Reza

TURISIAN.com – Gemuruh knalpot para crosser menandai dimulainya ajang Grasstrack 2022 yang berlangsung di Sirkuit Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu 30 Oktober 2022.

Ajang balap motor Piala Gubernur Jawa Barat ini diikuti oleh 350 peserta yang berasal dari berbagai provinsi.

Antara lain, Provinsi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan provinsi lainnya.

Para crosser ini memperebutkan hadiah total Rp120 juta dan trophy. Dalam ajang ini ada empat kategori yang dipertandingkan atau kelas. Mulai dari kelas pemula hingga atlet profesional, baik laki-laki maupun wanita.

BACA JUGA: Lima Bukit Challenge 2022, Event Gowes Menarik di Penghujung Tahun

Selain dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun, ajang Piala Gubernur Jawa Barat Grasstrack 2022 juga dalam mencari bibit-bibit crosser.

Baik untuk menjadi atlet Kabupaten Bogor maupun atlet kabupaten atau kota lain di Provinsi Jawa Barat.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat Ridwansyah Yusuf Achmad sangat mengapresiasi ajang ini.

Kepada wartawan ia menjelaskan bahwa ajang Piala Gubernur Jawa Barat Grasstrack 2022 tak hanya dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Tapi melalui kegiatan yang sportif,  kami berusaha  memaksimalkan potensi dan bibit-bibit unggul crosser kabupaten dan kota di Provinsu Jawa Barat,” katanya .

BACA JUGA: Goweser yang Berhasil Menjuarai Bike Cats Festival Bogor, Siapa Saja?

Ridwansyah Yusif Achmad juya berharap ajang motor cross ini juga berlanjut ke event-event lainnya yang lebih besar, hingga bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia di dunia internasional

“Anak muda tidak hanya menjadi aktivis, tetapi juga melalui persiapan mental, kemampuan dan fisik untuk berkompetitif di dunia olahraga, ekonomi dan lainnya,” ujarnya.

Melahirkan Atlet-atlet Motor Sport

Sementara itu, Fredi Rostiawan Kabid Olahraga IMI Jawa Barat menuturkan bahwa IMI Jawa Barat sangat mendukung ajang Piala Gubernur Jawa Barat Grasstrack 2022 ini.

Dikatakan, event hasil kolaborasi KNPI Kabupaten Bogor,Jaro Ade Racing Team dan juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah memberikan angin segar untuk sport tourism ini.

“Semoga ajang Piala Gubernur Jawa Barat Grasstrack 2022 berlanjut ke ajang-ajang lainnya baik olahraga sport kendaraan roda dua maupun roda empat,” katanya.

BACA JUGA: Pemesanan Hotel Event World Superbike Mandalika Masih Sepi, Kok Bisa?

“Kami mendukung dan berterima kasih kepada KNPI Kabupaten Bogor,Jaro Ade Racing Team dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,” sambung  Fredi.

Ia menjelaskan dengan ajang motor sport, maka lahir atlet-atlet atlet kabupaten dan kota di Jawa Barat yang sangat disegani atlet provinsi lain. Bahkan beberapa diantaranya sudah mendunia.

“Atlet Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat yang dibina Jaro Ade sudah ada yang mendunia. Hal ini, karena banyaknya ajang motor sport yang sporadis, simuktan dan kompetitif. Ini pula yang menjadi Jawa Barat menjadi gudangnya atlet motor cross,” jelasnya.

Dibagian lain, Jaro Ade—yang juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor menambahkan selain sebagai ajang motor sport. Ajang Piala Gubernur Jawa Barat Grasstrack 2022 di Sirkuit Pakansari tersebut juga menjadi pendorong pemulihan ekonomi daerah.

BACA JUGA: Ingin Ikut Event Bali Stand Up Paddle Series 2022, Catat Tanggalnya ya

“Insya Allah Tahun 2023 ajang serupa akan digelar lagi. Supaya lebih banyak peserta crosser dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ikut,” harap politisi Golkar ini.

Menurut Jaro, ajang ini tidak sekedar event balap motor sport saja. Tetapi juga menjadi pendorong pemulihan ekonomi daerah.

“Kami juga sebagai klub, berterima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atas kepercayaan yang diberikan kepada kami,” pungkasnya. ***

Pos terkait