Banjir Sebabkan Kunjungan Wisatawan ke Teluk Prigi Menurun

Teluk Prigi
Perahu-perahu nelayan bersandar di Pantai Progi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Musim hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan beberaka kawasan wisata terkena musibah banjir. (Instagram/@harryoptic)

TURISIAN.com – Musibah banjir  bandang yang terjadi di kawasan Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berdampak terhadap tingkat kunjungan wisatawan.

Sepekan sebelumnya, berbaringan dengan terhadinya banjir badang menyebabkan kunjungan wisatawan ke sejumlah wisata pantai Teluk Prigi menurun dratis.

“Kami belum tahu persi data resminya. Tapi angka kunjungan (wisatawan) yang pasti turun drastic. Bisa lebih dari 50 persen,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Rabu 19 Oktober 2022.

BACA JUGA: 3 Wisata Malam Jawa Timur yang Bikin Pengunjungnya Males Balik

Ia menerangkan bahwa penurunan jumlah kunjungan wisatawan terasa pada akhir pekan, tepatnya pada 15-16 Oktober 2022.

Biasanya jumlah kunjungan wisatawan pada hari Sabtu dan Minggu sekitar 2.500-3.500 orang, namun pada akhir pekan setelah banjir bandang jumlahnya menjadi kurang dari 1.500 orang.

Menurut salah satu warga di Trenggalek, Masfla, sebagian besar pengunjung yang datang adalah warga yang ingin melihat dampak banjir.

BACA JUGA: Candi Tikus Trowulan, Alternatif Tujuan Wisata di Mojokerto Jawa Timur

“Akses jalan tertutup banjir masih menutup jalur-jalur menuju obyek-obyek wisata pantai yang ada di sini,” kata Masfla.

Untuk diketahui, kawasan Teluk Prigi memiliki beragam daya tarik wisata, antara lain Pantai 360 atau Pantai Prigi dan Pantai Mutiara.

Adapun banjir bandang juga berdampak terhadap jumlah kunjungan di tempat wisata lainnya, di antaranya Goa Gong dan Pantai Cengkrong. ***

Pos terkait