Jalan-jalan ke Taman Patung Diponegoro, Ada Apa Saja ?

Taman Patung Diponegoro
Beberapa tumbuh segar di kawasan Taman Patung Diponegoro, DKI Jakarta. Foto: jakarta-tourism.go.id

TURISIAN.com – Selain gedung-gedung pencakar langit,mal, tempat hiburan dan kuliner Jakarta jyga memiliki taman-taman. Diantaranya, Taman Patung Diponegoro dan Taman Suropati.

Bagi sebagian orang, menikmati ruang terbuka hijau merupakan suatu keistimewaan. Terutama bagi mereka yang tinggal di antara bisingnya perkotaan.

Berlokasi strategis di lingkungan bergengsi Menteng, dua taman tadi bagai oase ketenangan di jantung kota Jakarta.

Bagaimana tidak, Jakarta sebagai kota metropolitan dengan mobilitasnya yang tinggi masih menyimpan tempat untuk menikmati udara segar karena taman yang hijau.

BACA JUGA: Ingin Menikmati Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta? Ikuti Petunjuk Ini

Setibanya di lokasi, Anda akan langsung melihat tanaman-tanaman yang dipelihara dengan baik dan patung penunggang kuda yang ikonik. Kedua taman tersebut berdiri bersebelahan.

Taman Patung Diponegoro

Taman Patung Diponegoro adalah taman tematik berukuran kecil yang dikelilingi oleh tanaman warna-warni serta jalur jalan kaki yang kecil.

Di tengah taman berdiri patung perunggu berkuda Pangeran Diponegoro yang ikonik. Taman ini juga memiliki kolam biru kecil tepat di bawah patungnya.

Taman Patung Diponegoro ini lebih semacam tempat untuk singgah saja, jika ingin melihat atau melakukan lebih banyak aktivitas, cukup menyeberang jalan dan pergi lah ke Taman Suropati.

BACA JUGA: Kereta Cepat Jakarta-Bandung 2023 Sudah Bisa Meluncur, Ini Progresnya

Taman Suropati

Dibandingkan dengan Taman Patung Diponegoro yang berfokus pada patung dan ragam tanaman warna-warni, pesona Taman Suropati berasal dari fungsionalitasnya yang sederhana dan juga berbagai komunitas yang datang.

Daya tarik praktis dari taman ini membuat siapapun merasa diterima di sini. Mereka biasanya datang untuk berjalan-jalan, jogging, bersepeda, atau sekedar berkumpul dengan teman-teman.

Saat Anda memasuki taman, Anda akan melihat tanaman-tanaman dan lapangan rumput yang terawat dengan baik.

Anda juga akan disambut oleh kicauan burung-burung di pepohonan. Di tengah taman terdapat air mancur yang memantulkan warna hijau zamrud yang indah.

BACA JUGA: Yuk Rekreasi Sambil Edukasi ke Museum Taman Prasasti Jakarta!

Taman ini juga semakin hidup karena kehadiran berbagai komunitas.

Komunitas Seni dan olahraga adalah dua kelompok utama yang sering menggunakan taman ini sebagai tempat berkumpul.

Jam Buka

Buka selama 24 jam, setiap hari

Fasilitas

  • Toilet
  • Gazebo
  • Jalur jogging dan jalan kaki
  • Bangku-bangku taman

BACA JUGA: Tiket Parade Sinema Jakarta Film Week Sudah Bisa Dipesan

 Tidak ada tempat parkir

Jika anda ingin memarkirkan kendaraan, Anda dapat menggunakan area parkir di Masjid Sunda Kelapa. Jaraknya sekitar 200 m dari taman.

Cara Menuju Ke Lokasi

Anda dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika Anda memilih angkutan umum seperti Transjakarta, Anda bisa berhenti di stasiun Halimun dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 9 menit.

Informasi Lanjutan

Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310. ***

Sumber: jakarta-tourism.go.id

Pos terkait