Yuk Nikmati Pesona Taman Nasional Bali Barat dengan Keunikan Flora dan Faunanya!

Taman Nasional Bali Barat
Lanskap alam Taman Nasional Bali Barat. (Source: Pemkab Jembrana)

TURISIAN.com – Taman Nasional Bali Barat (TNBB) merupakan hamparan luas daratan dengan menyajikan berbagai keunikan flora dan faunanya. Terletak di ujung barat Pulau Dewata, di antara Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana.

Kawasan ini merupakan satu dari sejumlah kawasan pelestarian alam di Bali yang meliputi hutan lebat, air laut, pantai, pegunungan, hingga satwa lucu dan endemik. Sobat Turisian bisa menjelajahi semuanya hanya dalam satu area, bahkan bisa bertemu burung Jalak Bali yang langka dan menjangan.

Untuk menuju taman nasional seluas sekitar 77.000 hektare ini, Sobat Turisian bisa berangkat dari Kota Denpasar dengan perjalanan sekitar 3 jam. Atau berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Denpasar ke TNBB.

Lokasi Taman Nasional Bali Barat berada di atas sekira 210-1.144 mdpl. Di dalam objek alam ini juga terdapat beberapa gunung yang memesona.

Baca juga: Candi Kalibukbuk Buleleng, Situs Candi Buddha di Pulau Dewata

Seperti Gunung Prapat, Gunung Panginuman, hingga Gunung Malaye. Selain itu, juga ada 4 pulau kecil, di antaranya Pulau Menjangan, Pulau Gadung, Pulau Burung dan Pulau Kalong.

Ekosistem Taman Nasional Bali Barat

Menariknya lagi, TNBB ini terbagi atas dua ekosistem, yaitu ekosistem darat dan laut. Jadi Sobat Turisian pun bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan menyelam. Pokoknya paket komplet jika berlibur ke destinasi wisata Bali ini, Sob!

Ekosistem darat di Taman Nasional Bali Barat terdiri dari kawasan hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim. Lalu terdapat juga hutan hujan dataran rendah, evergreen, savanna, hingga river rain forest. Tersedia pula kawasan bumi perkemahan bagi Sobat Turisian yang ingin merasakan nuansa malam hari di TNBB.

Sedangkan ekosistem lautnya, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan dalam. Tidak heran bila TNBB ini begitu diakui, bukan hanya di nusantara melainkan juga di mancanegara.

Baca juga: Menanti Pesona Keindahan Mentari Terbit di Danau Tamblingan Buleleng

Sobat Turisian yang berkunjung ke Tanam Nasional Bali Barat juga bisa sekalian mampir ke objek wisata  di sekitarnya. Antara lain Pura Pulaki, sumber air panas, terumbu karang Taman Laut Pemuteran, Candi Taman Sari dan pura, Pusat Penangkaran Jalak Bali, hingga wisata landscape.*

 

 

 

Sumber: Dispar Buleleng

Pos terkait