Galeri Wayang Purwakarta, Wisata Edukasi Wayang Nusantara yang Menyenangkan

Galeri wayang Purwakarta
Koleksi Galeri Wayang Purwakarta. (Source: Dispj)

TURISIAN.com – Objek wisata Purwakarta tak hanya Taman Sri Baduga dengan air mancurnya atau Waduk Jatiluhur. Tapi masih banyak destinasi wisata lainnya yang juga menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Dari mulai Galeri Wayang Purwakarta.

Bagi Sobat Turisian yang mengajak sang buah hati dan keluarga berlibur di Purwakarta, bisa ajak mereka ke destinasi wisata edukasi. Salah satunya ada Galeri Wayang Purwakarta yang menarik buat tambah wawasan sejarah wayang nusantara. Tempatnya pun tak bikin bosan, Sob!

Pusat informasi mengenai sejarah wayang nusantara di Purwakarta ini, berlokasi di dalam Kompleks Kantor Pemda Purwakarta. Berada di Jalan Gandanegara No.25, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Galeri Wayang Purwakarta ini terbagi menjadi dua ruangan. Di bagian ruangan pertama, Sobat Turisian akan mendapatkan informasi yang menceritakan kisah atau sejarah Pewayangan Nusantara. Selain itu juga, terdapat relief-relief yang menggambarkan kisah Ramayana dan Mahabrata.

Berlanjut ke ruangan kedua galeri, terdapat beragam koleksi wayang yang dapat Sobat Turisian coba mainkan. Ada ratusan wayang di galeri ini. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, hingga topeng untuk wayang orang. Namun yang mendominasi jelas Wayang Golek khas Sunda.

Baca juga: Wisata Sambil Belajar Kearifan Budaya Lokal di Kampung Tajur Purwakarta

Tak hanya itu, di objek wisata edukasi budaya ini juga tersedia wayang dari berbagai daerah di Nusantara. Di antaranya Wayang Betawi, Wayang Cepak Cirebon, Wayang Suket atau wayang yang terbuat dari ilalang. Lalu ada pula Wayang Klitik Surabaya yang merupakan perpaduan antara wayang kayu dan kulit.*

Pos terkait