Tamasya Sambil Berkreasi di Kampung Kerajinan Taman Pintar Yogyakarta

Kampung Kerajinan Taman Pintar Yogyakarta
Kreasi Gerabah di Kampung Kerajinan Taman Pintar Yogyakarta.

TURISIAN.com – Ke mana nih rencana Sobat Turisian liburan pekan ini? Kalau masih bingung mending ke Yogyakarta lagi. Tapi jangan ke tempat wisata itu-itu lagi, takut bosan! Gimana kalau Sobat Turisian coba wisata ke Kampung Kerajinan Taman Pintar, Kota Yogyakarta.

Kampung Kerajinan Taman Pintar ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati, Kota Jogja. Kampung wisata ini menawarkan sensasi liburan yang berbeda, salah satunya menyajikan aktivitas dengan mengasah kreasi.

Bukan hanya mendapat pengetahuan, tapi di tempat wisata Jogja ini Sobat Turisian juga dapat mencoba berkreasi kerajinan tangan. Dan setelah beres bisa membawa hasil kreasinya sebagai cendera mata untuk dibawa pulang.

Ada aneka macam bentuk kerajinan yang bisa Sobat Turisian buat di Kampung Kerajinan Taman Pintar ini. Mulai dari membatik, membuat gerabah, hingga melukis kaos.

Baca juga: Watu Tapak Camp Hill, Tempat Terbaik Menikmati Lanskap Jogja

Kampung wisata Yogyakarta ini terbagi menjadi tiga zona kreasi, antara lain Rumah Batik, Rumah Gerabah, dan Lukis Kaos. Di semua zona tersebut, Sobat Turisian akan mendapatkan edukasi dan berkreasi.

Zona Rumah Batik Taman Pintar 

Zona pertama yakni Rumah Batik merupakan zona anak-anak atau wisatawan sebagai tempat mengenal warisan berharga Bangsa Indonesia khususnya tentang batik. Di zona ini, Sobat Turisian dan anak-anak dapat mempraktikkan membuat selembar kain batik. Mulai dari melukis kerangka desain, ngisen-ngiseni, nembo, mewarnai, dan nglorot.

Sobat Turisian dalam waktu singkat dapat memperoleh selembar kain batik yang cantik hasil kreasi sendiri. Sobat Turisian juga akan diberikan edukasi tentang tahapan membatik, mulai dari menggambar motif batik dengan media kain. Untuk masuk zona ini, Sobat Turisian harus bayara tiket masuk sekitar Rp18 ribu.

Rumah Gerabah Taman Pintar

Berikutnya masuk ke zona Rumah Gerabah. Di sini Sobat Turisian cukup membayar tiket masuk sekitar Rp13 ribu dan akan mendapatkan 2 jenis kegiatan. Yaitu membuat kerajinan gerabah dan proses melukis gerabah. Kegiatan ini aman bagi anak-anak karena menggunakan bahan lempung khusus, dengan tekstur yang benar-benar aman dan halus serta mudah dibentuk.

Sobat Turisian dapat membuat aneka bentuk gerabah, mulai dari vas bunga, asbak, dan lain-lain sesuai keinginan pengunjung. Kalian juga bisa membawa pulang hasil kreasi gerabah untuk menjadi kenang-kenangan.

Zona Lukis Kaos Taman Pintar Yogyakarta

Di spot ini, Sobat Turisian bisa melukis kaos dengan menggunakan media t-shirt polos sebagai dasar dari lukisan. Hasilnya juga bisa Sobat Turisian bawa pulang sebagai koleksi.

Harga tiket masuk zona Kampung Kerajinan Taman Pintar yang satu ini sekitar Rp45.000 rupiah. Di dalamnya, Sobat Turisian tidak hanya sekadar membuat kerajinan tangan. Tetapi bisa berkreasi dengan media kaos dalam melukis dan dapat membawa hasilnya sebagai cendera mata.

Baca juga: Yuk Piknik Seru Bersama Keluarga di Grand Puri Waterpark Bantul Yogyakarta!

Berwisata ke Kampung Kerajinan Taman Pintar, Kota Yogyakarta dan mendapatkan segudang keseruan berkreasi tersebut, akan membuat Sobat Turisian yang datang lebih berkesan dan membawa cendera mata bukan hanya barang tapi juga skill membuat kerajinan.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Yogyakarta

Pos terkait