Liburan di Desa Wisata Pandansari Batang, Merasakan Keseruan Ala Pedesaan

Desa Wisata Pandansari
Anak-anak sedang mencoba wahana rafting di Desa Wisata Pandansari Batang.

TURISIAN.com – Berencana liburan bersama keluarga dengan sensasi berbeda, dekat dengan alam, dan suasana pedesaan? Sobat Turisian wajib ke Desa Wisata (Deswita) Pandansari, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Desa wisata yang dirintis pada 2012 lalu tersebut, terletak di Desa Pandansari Warungasem, Batang. Akses menuju lokasi tempat wisata ini pun tak sulit, hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan dari Alun-Alun Batang.

Suasana khas pedesaannya, akan membuat Sobat Turisian terpukau dan memikat mata, apalgi bagi kalian yang sudah lama tak bepergian jauh. Di Desa Wisata Pandansari, Sobat Turisian tak hanya menikmati pemanadangan alam yang indah dan suasana pedesaan. Tapi juga bisa menjajal berbagai wahana permainan.

Ada wahana semacam tubing, rafting, dan outbound yang memacu adrenalin. Kerennya, wahana tersebut tak hanya untuk dewasa, namun juga ramah anak.  Bahkan anak-anak pun bisa menikmati aneka kegiatan khas pedesaan di Deswita Pandansari.

Harga Wahana & Paket Wisata di Desa Pandansari

Harga-harga wahana permainan di sini pun cukup terjangkau. Untuk outbound mandiri cukup bayar Rp35 ribu per orang. Biar lebih gampang dan komplet, Sobat Turisian bisa ambil paket wisata yang tersedia.

Baca juga: Nyobain Kelezatan Pecel Mie Kenyol, Makanan Unik dari Batang Jawa Tengah

Seperti Paket Outbound Kids mulai dari Rp45 ribu per orang, River Tubing mulai Rp50 ribu per orang, Family Gathering mulai dari Rp90 ribu per orang. Kemudian paket Outbound Dewasa mulai dari Rp75 ribu per orang, Camping mulai Rp100-150 ribu per orang, dan Outbound Plus Hiking mulai dari Rp100 ribu per orang. Harga tersebut pun sudah termasuk paket menu makanan ayam geprek.

Outbound mandiri di tempat wisata Batang ini, sangat cocok untuk keluarga kecil yang ingin seru-seruan bermain dengan suasana yang berbeda. Di dalamnya pun ada beberapa permainan edukatif, antara lain ketangkasan, menanam padi, dan terjun ke sawah, serta permainan lainnya. Sehingga liburan Sobat Turisian bersama keluarga makin seru dan menjadi pengalaman yang berkesan.

Kuliner Khas Desa Wisata Pandansari

Di samping wahana permainan air itu, Desa Wisata Pandansari juga memiliki Kedai Jerli yang menyajikan masakan khas rumahan. Tambah ada juga beberapa produk UMKM masyarakat setempat.

Jika berkunjung ke sini, Sobat Turisian juga bakal berkesempatan mencicipi renyahnya camilan opak khas Pandansari. Kriuknya opak berpadu dengan cocolan sambal gula merah yang menggugah selera. Sangat cocok Sobat Turisian nikmati seusai beraktivitas fisik di Deswita Pandansari.

Baca juga: 11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

Opak Pandansari punya kenangan tersendiri bagi masyarakat. Meskipun pengrajinnya mulai berkurang lantaran sudah tergerus zaman. Nah dengan kehadirannya di Desa Pandansari ini, agar opak tersebut tidak punah, bahkan sekarang sudah mulai tenar ke luar daerah.*

 

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

 

Pos terkait