Intip Ragam Kegiatan Menarik di Festival Senam Rekreasi Jakarta

Olahraga senam kembali digalakan. Salah satunya dengan menggelar event ini. (dok)

TURISIAN.com – Festival Senam Rekreasi kembali digelar di Jakarta, setelah dihentikan akibat Pandemi Covid-19.

Senam adalah salah satu cabang olahraga yang selain menyehatkan juga menyenangkan.

Selain bisa membakar kalori, senam yang biasanya dilakukan secara berkelompok pun jadi ajang kumpul-kumpul warga yang biasa dilakukan di akhir pekan.

Apalagi jika senam dilakukan di ruang terbuka publik, tentunya akan lebih seru sambil menghirup udara segar di pagi hari.

Sayangnya selama pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada awal 2020, kegiatan berkumpul di tengah masyarakat mulai dilarang.

Baru, belakangan setelah pegendalian  COVID-19 membaik, pemerintah mulai memberikan sejumlah kelonggaran kepada masyarakat untuk bisa beraktivitas di luar ruangan.

Senam pun sudah bisa dilakukan dengan jumlah peserta yang cukup banyak, jadi akan lebih terasa serunya.

Bagi sobat Turisian yang sudah rindu akan sensasi dari olahraga senam sambil menikmati suasana rekreasi di akhir pekan, tak perlu jauh-jauh ke luar kota, karena di Jakarta juga ada.

Bertajuk Festival Senam Rekreasi yang merupakan program karya anak bangsa 2022 bersama ABAH Anak Bangsa Hebat.

Festival senam sambil rekreasi di akhir pekan tersebut nantinya akan terselenggara di hari Minggu, 27 Maret 2022.

Bertempat di Birawa Ballroom Hotel Bidakara Jakarta Selatan, sobat turisian bisa menikmati ragam kegiatan menarik mulai pukul 07.30 – 16.00.

Lantas, apa saja kegiatan menarik yang akan terselenggara? Berikut informasinya:

1. Belly Beat Fusion

Bagi sobat turisian yang belum familiar dengan salah satu ragam senam ini, tidak ada salahnya untuk ikut serta dan terjun langsung.

Belly beat fusion adalah program kelas senam berupa fitness dance cardio  yang menggunakan unsur tarian belly dance serta variasi fitness dengan format 8×8 choreo block.

Biasanya, musik yang digunakan untuk belly beat fusion adalah musik arabian remix.

2. Aeroboxing

Bagi sobat turisian yang lebih menyukai cabang olahraga yang gerakannya lebih maskulin, bisa banget untuk menjajal cabang olah tubuh yang satu ini.

Sebab, aeroboxing adalah gabungan senam aerobic dengan ragam gerakan bela diri.

Untuk lebih semangat, biasanya gerakan aeroboxing akan diiringi dengan lagu nonstop yang.

Intinya, para peserta aeroboxing akan dibuat benar-benar merasa bersemangat dan bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

3. Belly Fit Dance

Untuk cabang raga yang satu ini, para peserta akan dipandu untuk melakukan gerakan olahraga yang akan berfokus untuk melenturkan serta memperkuat otot perut saat berlatih.

4. Bolly’D

Merupakan cabang olahraga singkatan dari Bollywood Dance, persis seperti namanya, Bolly’D selalu memadu padankan  ragam kombinasi tarian dari India, seperti tari tradisional bhangra, kathak, bharatnatyam serta gerakan senam tentunya.

Musik-musik yang digunakan dalam Bolly’D juga tidak sembarangan, biasanya akan lebih cenderung kepada musik India dengan irama yang upbeat.

5. Cardio Dance

Bisa dibilang bahwa, cardio dance adalah bentuk tarian khusus yang telah dimodifikasi sedemikian rupa yang bisa membakar kalori dalam jumlah besar.

Jika ditelusuri dari asal kata cardiovascular, itu berarti bahwa gerakan cardio dance ditujukan untuk melatih kesehatan jantung yang tentunya diiringi dengan hentakan musik yang penuh semangat.

Biasanya, cardio dance dipilih oleh masyarakat yang ingin menurunkan berat badan ataupun dalam program diet.

6. Dance Mix

Salah satu olahraga yang sangat menyenangkan dan bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia, mulai dari usia anak-anak, orang dewasa hingga orang tua.

Uniknya lagi, olahraga ini juga bisa menjadi ajang untuk mengangkat kebudayaan daerah, sebab lagu maupun koreo dalam olahraga dance mix diangkat dari tarian daerah.

7. CID

Merupakan singkatan dari Cardio Intens Drumming, gerakan olahraga yang telah berinovasi dengan menggunakan alat bantu yakni stik drum.

Dengan diiringi musik yang menyenangkan, olahraga CID dipercaya mampu membakar kalori lebih dari 700 kalori di setiap sesi latihan.

Biasanya juga terselip serangkaian gerakan fitness di dalamnya, maka dari itu, olahraga ini juga dipercaya bisa membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Untuk sobat turisian yang tergoda dan ingin mengikuti rangkaian acara di Festival Senam Rekreasi ini, jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan ya. ***

Pos terkait