6 Tips Mendaki saat Musim Hujan, Apa Saja yang Harus Dilakukan

Ilustrasi mendaki gunung saat musim hujan. (Pexels/Eric Sanman)

TURISIAN.com – Mendaki gunung menjadi aktivitas menyenangkan bagi pencinta ketinggian. Namun saat ini cuaca sedang tidak mendukung, karena kerap terjadi hujan.

Meski demikian, sobat Turisian tetap bisa mendaki gunung dengan persiapan yang matang. Sobat Turisian wajib mempersiapkan fisik dan barang bawaan.

Berikut 6 tips mendaki gunung saat musim hujan.

Tips mendaki saat musim hujan

Mempersiapkan tubuh agar tetap fit

Mendaki gunung saat musim hujan tentu akan terasa lebih berat. Untuk itu, sobat Turisian harus mempersiapkan tubuh agar tetap fit.

Sobat Turisian wajib menyantap makanan bergizi agar tidak mudah sakit. Mendaki saat musim hujan memungkinkan terkena penyakit seperti demam, flu, dan batuk.

Mempersiapkan alat pendakian

Saat musim hujan, sobat Turisian harus menyiapkan alat pendakian lebih dari biasanya. Jangan lupa menambahkan flysheet untuk melapisi tenda. Bawa juga jas hujan dan cover bag.

Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti lebih banyak dari biasanya. Sobat Turisian sebaiknya membungkus baju menggunakan plastik.

Memilih gunung yang tidak terlalu tinggi

Sobat Turisian bisa memilih gunung yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, pilihlah gunung yang memiliki trek dan medan pendakian yang mudah.

Cara ini akan membuat sobat Turisian lebih menghemat tenaga, agar dapat beristirahat segera setelah sampai di lokasi berkemah.

Cari informasi tentang gunung yang akan didaki

Sebelum mendaki, ada baiknya sobat Turisian mencapi informasi tentang gunung yang akan didaki. Beberapa gunung biasanya akan menutup jalur pendakian saat musim hujan.

Mendaki saat siang hari

Saat musim hujan, sobat Turisian sebaiknya mendaki gunung saat siang hari. Karena saat malam hari biasanya pandangan mata terganggu dengan adanya hujan deras ataupun kabut yang cukup tebal.

Matikan ponsel saat cuaca buruk

Saat cuaca buruk, sebaiknya matikan ponsel. Biasanya perangkat elektronik, termasuk smartphone rawan tersambar petir saat menyala. ***

Pos terkait