Kapal Wisata Bottom Glass Hadir di Pelabuhan Likupang

Kapal Wisata bottom glass
Ilustrasi kapal Bottom galas saat berlayar di tengah laut. Dok.Pixabay.com

TURISIAN.com – Kapal Wisata Bottom Glass kini tersedia di Pelabuhan Sulawesi Utara untuk menarik wisatawan di kawasan ini.

Kapal “transparan” itu diharapkan bisa menjadi sarana untuk mendukung sektor pariwisata bisa tumbuh cepat di wilayah tersebut.

Kapal wisata bottom glass merupakan karya putra-putri Indonesia yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah kapal. Sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan bawah air.

“Dua unit kapal ini  ditempatkan di Likupang, yang saat ini masih proses hibah ke pemerintah daerah,” ujar Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha dalam keterangannya, Jumat 20 Januari 2023.

BACA JUGA: Kapal Pesiar Bersandar di Surabaya, Pemkot Siapkan 4 Paket Wisata

Ia menjelaskan, pada dasarnya Ditjen Perhubungan Laut membuat empat unit kapal wisata yang pembangunannya sudah selesai pada 2022.

Selain dua unit ditempatkan di Likupang, dua unit lainnya ditempatkan di Labuan Bajo.

Adapun kapal wisata ini  memiliki panjang kapal 23,1 meter yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah dan dapat menampung 44 orang dan 7 anak buah kapal (ABK).

Sementara itu, Kepala UPP Kelas III Likupang Moh Qowi menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melihat dan naik ke itu  saat melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara pada Kamis (19/1/2023).

BACA JUGA: Kapal Pesiar MS Regatta jadi yang Pertama Bersandar Kembali di Pelabuhan Gili Mas

Sesuai agenda, lanjut Qowi, saat Jokowi berkunjung ke Taman Wisata Nasional Bunaken pada Jumat (20/1/2023), akan menggunakan kapal wisata bottom glass, yakni kapal Bottom Glass Nirmala Bahari 1.

“Beliau mengapresiasi karena kapal terawat dengan baik dan kebersihannya terjaga,” ungkapnya.

Menurut dia, Jokowi juga mengapresiasi kinerja Kemenhub yang telah melakukan pengembangan fasilitas Pelabuhan Likupang.

Sarana ini  sebagai upaya mendukung Likupang yang merupakan destinasi pariwisata super prioritas, di mana saat ini masih dalam tahap pengembangan.

“DPSP Likupang saat ini masih dalam tahap pengembangan dan direncanakan akan selesai pada tahun anggaran 2023,” kata Qowi. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait