Indahnya Hamparan Bunga di Marigold Farm Bali

Marigold Farm Badung Bali
Marigold Farm di Kabupaten Badung, Bali. (Source: Dispar Badung)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian pecinta bunga, wajib datang ke Marigold Farm di Kabupaten Badung, Bali. Di sini bisa menikmati indahnya hamparan bunga Marigold atau bunga Gemitir dengan warna kuning emasnya. Tampak asri dan bakal bikin kalian betah dan asyik berfoto ria.

Lokasinya berada di Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Terletak di dataran tinggi pegunungan dengan kontur jalannya berbukit serta memiliki pemandangan indah khas perbukitan. Tambah lagi udara yang sejuk dan menyegarkan.

Untuk menuju objek wisata Marigold Farm Bali ini, Sobat Turisian bisa mengaksesnya dengan perjalanan kurang lebih 1 jam berkendara. Dengan menyusuri rute jalan menuju Kintamani jika dari arah Bedugul. Masyarakat sekitar biasa menyebut perkebunan bunga ini dengan nama Kebun Bunga Gemitir.

Baca juga: Taman Gili Dukuh, Tempat Pesucian dan Wisata Menarik di Badung Bali

Bunga Marigold ini telah lama masyarakat sekitar budidayakan. Bahkan sudah menjadi sumber mata pencaharian. Fungsi dari bunga tersebut, sering menjadi bagian dari kegiatan ritual acara keagamaan masyarakat adat Hindu Bali.

Biasanya berguna pada rangkaian acara pemujaan dan untuk sesajen yang kerap bercampur dengan beras dan dupa. Selain itu Marigold Farm Bali juga cukup populer dengan julukan ladang bunga Calendula.

Karakteristik Bunga Marigold

Jenis bunga ini memiliki nama latin “Tageter Erecta“, sejenis bunga yang berasal dari Amerika Tengah, tepatnya Mexico. Bunga tersebut cukup unik, selalu tumbuh di tiap awal bulan, sehingga sesuai dengan namanya “Marigold” yang berarti “tiap sepanjang bulan“.

Jadi kalau Sobat Turisian ingin berkunjung ke Marigold Farm Bali ini, harap datang pada akhir bulan sebelum bunga ini dipanen. Penanaman Bunga Gemitir sangat cocok pada iklim tropis dan dataran rendah hingga dataran tinggi dengan suhu udara yang sejuk, berkisar antara 28-30 derajat Celsius.

Baca juga: Upacara Adat Mekotek, Tradisi Tolak Bala yang Unik dari Badung Bali

Tanaman yang satu ini konon mampu menghasilkan produksi bunga sekitar 0,9 – 1kg per pohon. Masa panennya selama 15-20 kali setiap 3 hari. Bunga ini selalu berbunga sepanjang tahun, bahkan pada saat musim panas sekalipun bisa tumbuh dengan baik. Karena masa panen yang cepat dan permintaan serta harganya sangat bagus, membuat masyarakat sekitar banyak membudayakan Bunga Marigold ini.*

Pos terkait