Logistik Pembalap World Superbike Mulai Tiba di Bandara Internasional Lombok

Logistik Pembalap World Superbike
Tugu selamat datang Sirkuit Mandalika. Foto: iStock

TURISIAN.com – Meski eventnya baru akan berlangsung pada 11-13 November mendatang, logistik para pembalap World Superbike (WSBK) tahun 2022 sudah berdatangan.

Secara bertahap masing-masing tim WSBK yang akan berlaga di sirkuit Mandalika mulai  tiba di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, sejak Sabtu 29 Oktober 2022.

Logistik yang tiba ini merupakan barang penting milik pembalap dan tim Dorna. Barang-barang tersebut, akan digunakan dalam even bergengsi nanti.

Dimana, estimasi penonton diperkirakan akan mencapai 50.000 orang. Mereka bakal berdatangan dari berbagai negara.

Untuk logistik  tahap pertama tiba mengunakan pesawat Qatar Airways tipe Boing 777 F dengan nomor penerbangan QRb8062 dan tiba pukul 17.20.

BACA JUGA: Pemesanan Hotel Event World Superbike Mandalika Masih Sepi, Kok Bisa?

Pesawat yang berangkat dari Doha ini membawa 81,820 ton logistik para pembalap WSBK.

“Jadi pesawat ini membawa kendaraan Superbike, perlengkapan dan hal hal lain yang dibutuhkan dalam WSBK tersebut. Termasuk fuel dan spare parts,” ujar Generar Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Rahmat Adil Indrawan, seperti dikutip Turisian.com dari Kompas, Minggu 30 Oktober 2022.

Puluhan Ribu Ton Logistik

Puluhan ribu ton logistik WSBK ini tak hanya berupa kebutuhan para pembalap, tapi juga alat telekomunikasi dan perlengkapan kamera yang akan digunakan dalam even WSBK nanti.

Adil mengatakan, pengawasan bandara dilakukan mulai dari pesawat landing, kargo keluar dari pesawat, sampai dengan keluar dari lingkungan bandar udara Lombok.

BACA JUGA: Menparekraf Sandiaga Tekankan Pengetatan Protokol Kesehatan Jelang Penyelenggaraan World Superbike Mandalika

Sementara pengamanan logistik pembalap World Superbike dari bandara ke sirkuit akan dikawal oleh Polda NTB dan petugas dari Bea Cukai.

Pesawat Qatar ini akan kembali ke Hongkong dan kemudian pesawat berikutnya akan membawa logistik tahap kedua menuju Bandara Lombok mengunakan ET Ethiopian Airlines, dengan nomor penerbangan ET 3657.

Tipe pesawat masih sama Boing 777F yang akan tiba di Bandara Lombok pukul 23.00 WITA.

Logistik tahap ketiga akan mengunakan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH 6427 mengunakan tipe pesawat Airbus 332F.

BACA JUGA: Siap-siap, MotoGP Mandalika 2023 Lebih Seru Lagi, Ini Kata Erick Thohir

Logistik menurut rencana akan tiba 1 November 2022 pukul 20.35 Wita dari Kuala Lumpur Malaysia menuju Bandara Lombok.

Pengawasan dari Angkasa Pura I

Dari pantauan di lapangan, logistik yang turun dari peswat terus dipantau dan diawasi pihak Angkasa Pura I dan Bea Cukai hingga logistik naik ke sejumlah truk kargo.

Sejumlah aparat dari Brimob Polda NTB bersenjata lengkap mengamankan proses angkut logistik dari bandara menuju Sirkuit Mandalika. Pengiriman logistik ini  akan melalui jalur sepanjang 17 kilometer.

Sebanyak delapan truk mengangkut logistik tahap pertama ini. Tiap truk dilengkapi dengan tali pengikat sesuai standar pengiriman logistik.

BACA JUGA: SPAM Mandalika Selesai Oktober 2022, Air Minum Wisatawan Aman

Pihak bandara juga menyiapkan fasilitas dan infrastruktur pendukung untuk menyambut kedatangan para rider atau pembalap termasuk penonton.

Namun, sejauh ini belum ada jadwal pasti kedatangan para pembalap WSBK tersebut.

“Krena race berlangsung 11 hingga 13 November, kemungkinan mereka datang tanggal 9 atau 10 November 2022,” ujar Humas Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait